Welcome @ Anandia Yuska Blog..... Give Me Comment If You Like..... Thank You.....
ANANDIA YUSKA BLOG - KONSULTASI DOKTER SPESIALIS KEBIDANAN DAN PENYAKIT KANDUNGAN

Sabtu, 24 Januari 2009

TANGGAPAN ATAS JANIN DENGAN KELAINAN ANENSEFALUS

Terima kasih atas atensi yang diberikan atas tulisan saya mengenai JANIN ANENSEFALUS. Pada kasus2 dengan Kelainan Kongenital dalam hal ini ANENSEFALUS, banyak pertimbangan untuk menghentikan kehamilan (TERMINASI KEHAMILAN....BUKAN ABORSI !!!).

Salah satu pertimbangannya adalah, bahwa janin dengan Anensefalus akan sulit lahir normal pervaginam jika telah cukup bulannya (usia kehamilan 4o minggu). Karena tidak adanya bagian terkeras dari janin (tulang kepala) yang akan membuka jalan lahir. Seperti yang kita ketahui, jalan lahir "dibuka" oleh dorongan dari kepala janin. Pilihan janin Anensefalus jika dilahirkan cukup bulan adalah dengan seksio sesaria.

Keputusan untuk melakukan Terminasi Kehamilan bukan Dokter yang menentukan. Tetapi, keputusan terminasi kehamilan diambil atas keinginan si Ibu dan Keluarganya. Peran Dokter disini hanya memberikan keterangan tentang kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi jika kehamilan dengan janin Anensefalus diteruskan sampai janin lahir.

Bagaimana jika hal ini terjadi pada anda ? Keputusan apa yang anda akan ambil...apakah bedasarkan "hukum" atau hati nurani anda sebagai seorang ibu ???!

Semuanya tergantung keputusan anda sendiri.......

Ditulis oleh : Dr. H. ANANDIA YUSKA, SpOG
Contact : 0811613210 / 021-99790123
Email : anandia_yuska@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar