Welcome @ Anandia Yuska Blog..... Give Me Comment If You Like..... Thank You.....
ANANDIA YUSKA BLOG - KONSULTASI DOKTER SPESIALIS KEBIDANAN DAN PENYAKIT KANDUNGAN

Jumat, 27 Februari 2009

LAGI-LAGI KASUS ANENSEFALUS…..dengan MULTIPLE ANOMALY

Tanggal 10 Februari 2009, sewaktu praktek, datang seorang ibu, 33 tahun, didampingi suami nya untuk kontrol kehamilan. Seperti biasanya, saya lakukan tanya jawab [ ANAMNESA] dengan si ibu, apa saja keluhannya saat ini. Ini kehamilan yang ke 3, dengan 2 kehamilan sebelumnya dilahirkan secara Seksio Sesaria. Setelah saya hitung, usia kehamilannya 12 minggu saat itu. Tidak ada keluhan yang berarti saat tanya jawab. Setelah selesai tanya jawab, saya persilahkan si ibu untuk menuju tempat pemeriksaan USG. Sewaktu dilakukan pemeriksaan USG, Astagfirullah….saya menemukan adanya kelainan pada kepala janin. Pada pemeriksaan USG, saya tidak menemukan adanya tulang tengkorak dan otak janin serta kelainan di badan janin.

Si ibu menanyakan kepada saya : “ bagaimana kondisi kehamilan saya, sehat ?” Jujur saja, bingung saya menjawabnya…. Kemudian saya persilahkan si ibu untuk kembali ke tempat duduknya semula. Si ibu tetap saja bertanya seperti itu ke saya…. Akhirnya saya jawab, sebentar lagi saya jelaskan. Dengan sangat berat hati, akhirnya saya jelaskan ke suami si ibu apa saja yang saya temukan selama pemeriksaan USG. Akhir kata, pasangan suami istri ini saya anjurkan datang 2 minggu lagi untuk pemeriksaan ulang lagi. Dengan asumsi saya, semoga saya “salah dan khilaf” dalam melakukan pemeriksaan USG.

Tanggal 24 Februari 2009, si ibu dan suami nya datang lagi. Setelah saya USG ulang, keyakinan saya bertambah, bahwa janin si ibu kemungkinan menderita suatu kelainan yakni biasa kita sebut sebagai ANENSEFALUS dan kelainan lainnya. Suami nya bertanya : “ bagaimana selanjutnya dok ?”. akhirnya saya sarankan pasangan ini untuk mencari Second Opinion ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan yang lain. Pasien akhirnya saya rujuk ke RSCM untuk memastikan kelainan yang diderita janin si ibu.

Tanggal 26 Februari 2009, pasangan suami istri tersebut datang lagi dengan membawa hasil pemeriksaan dari RSCM. Hasil Pemeriksaan USG nya :
- Usia kehamilan berdasarkan biometri : 14 minggu.
- Kelainan janin : struktur kraniin yang irregular dengan sebagian massa cerebrum berada diluar rongga cranium sesuai dengan eksencephaly. Terdapat massa kistik sonolusen di leher belakang berukuran 27 mm, kemungkinan berasal dari higroma colli. Terdapat udema anasarka pada bayi.
- Kesimpulan : hamil 14 minggu, janin tunggal hidup
Multiple Anomaly ( Ekssencephaly dengan Higroma Colli dan edema anasarka janin )
- Anjuran : PROGNOSIS DUBIA AD MALAM

Pertanyaannya sekarang, mau diapakan suatu KEHAMILAN dengan MULTIPLE ANOMALY [ Kelainan Kongenital yang banyak] ???!

Si ibu pun bertanya, “terus bagaimana selanjutnya dok” ?. Saya tanyakan kembali ke si ibu, “sewaktu diperiksa di RSCM, kata dokter nya bagaimana?”. Si ibu menjawab, “ sudah dijelaskan secara rinci bagaimana akhir dari kehamilan dengan salah satunya adanya Anensefalus, bahwa umur janin kalaupun dilahirkan cukup bulan nantinya, hanya berumur paling lama 24 jam saja.”

Semua keputusan akhir, saya serahkan ke pasangan tersebut….apakah mau diteruskan kehamilannya atau di akhiri [ TERMINASI KEHAMILAN ], bukan ABORSI [ saya rasa, teman sejawatpun tahu maksud saya ini….].

Kemudian saya tanyakan lagi, selama hamil ini ibu ada makan obat sembarangan. Ternyata, memang pernah si ibu makan obat sembarangan. Ini terjadi karena si ibu tidak tahu kalau dia lagi hamil. Ceritanya, bulan November 2008 si ibu masih haid. Bulan Desember 2008 haidnya tidak datang. Pikir si ibu, haid nya biasanya memang gak teratur, kadang dapat haid tiap bulan kadang tidak… Nah, di bulan Desember ini si ibu demam , mual dan muntah. Si ibu makan obat sembarangan. Dipikirnya dia sakit Typhoid [ tipus ]. Terjawab sudah penyebabnya….

Dari kasus itu, mungkin ada hikmah yang bisa diambil. Yaitu, sebaiknya kalau ibu-ibu yang sudah menikah atau wanita yang sudah melakukan hubungan suami istri, alangkah baiknya kalau sakit :
- Jangan memakan obat sembarangan.
- Pastikan dulu anda sedang tidak hamil sewaktu mau makan obat. Cara memastikannya, ya alangkah baiknya menyediakan alat test kehamilan sendiri dirumah. Periksa air seni [ kencing ] sendiri dirumah untuk memastikan hamil atau tidaknya anda.
- Berobatlah ke dokter anda jika sakit. Dan, katakan ke dokter anda sewaktu berobat, bahwa siklus haid anda teratur atau tidak. Ini untuk mengingatkan dokter anda, bahwa jika haid anda tidak teratur, si dokter harus terlebih dahulu memastikan anda sedang hamil atau tidak sebelum obat diresepkan untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar