Welcome @ Anandia Yuska Blog..... Give Me Comment If You Like..... Thank You.....
ANANDIA YUSKA BLOG - KONSULTASI DOKTER SPESIALIS KEBIDANAN DAN PENYAKIT KANDUNGAN

Selasa, 28 April 2009

GANGGUAN HAID dan SIKLUS HAID

Siklus perdarahan haid lamanya kurang lebih 2 – 6 hari. Pada siklus 28 hari, hari ke 5 sampai 14 adalah FASE FOLIKULAR atau PROLIFERASI, yang dimulai setelah perdarahan berakhir dan berlangsung sampai saat ovulasi. Fase ini berguna untuk menumbuhkan Endometrium agar siap menerima ovum yang telah dibuahi. Pada fase ini dalam ovarium terjadi pematangan folikel akibat pengaruh folikel stimulating hormone [FSH]. Folikel ini akan menghasilkan Estradiol dalam jumlah banyak. Pembentukkan Estradiol terus meningkat sampai kira-kira hari ke 13.

Puncak sekresi luteinizing hormone [LH] akan memacu terjadinya ovulasi pada hari le 14. Hari 14 sampai 28 adalah Fase Luteal atau Fase Sekresi yang mempunyai ciri khas terbentuknya korpus luteum dan terjadinya perubahan pada kelenjar endometrium. Pengaruh progesterone terhadap endometrium paling terlihat pada hari ke 22, yaitu saat nidasi seharusnya terjadi.

Bila tidak terjadi nidasi, estradiol dan progesterone akan menghambat FSH dan LH sehingga korpus luteum tidak dapat berkembang lagi. Akibat pengaruh estradiol dan progesterone akan terjadi penyempitan pembuluh darah endometrium yang berlanjut dengan iskemia. Dengan demikian, endometrium akan terlepas dan timbul perdarahan.

Beberapa gangguan haid dan siklusnya adalah :
1. Premenstrual Tension [ Ketegangan Prahaid ]
2. Mastodinia
3. Mittleschmers [ rasa nyeri pada ovulasi ]
4. Dismenore

Perdarahan Uterus Abnormal :
1. Gangguan Siklus Haid : sering [ Polimenore ], jarang [ Oligomenore ], tidak teratur, tidak haid [ Amenore ]
2. Gangguan Perdarahan : sedikit [ Hipomenore ], banyak [ Hipermenore ], terlalu lama [ Menoragia ], perdarahan bercak [ Spotting ]
3. Perdarahan diluar haid : Metroragia
Ditulis oleh : Dr. H. ANANDIA YUSKA, SpOG
Contact : 0811613210 / 021-99790123
Email : anandia_yuska@yahoo.com
Sumber : dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar